Bolehkan Merenovasi Rumah Cluster?

Apakah Anda masih kebingunan untuk mencari rumah impian ? Tidak perlu khawatir, saat ini sudah banyak sekali pengembang properti yang menawarkan berbagai macam perumahan dengan berbagai tampilan yang menarik dan juga estetik. Mulai dari rumah subsidi, rumah non subsidi, rumah jadi, hingga tanah kavling yang bisa dipakai untuk membangun rumah impian kita. Tetapi pada umumnya masyarakat lebih tertarik untuk memiliki rumah yang siap huni atau yang biasa disebut dengan rumah ready stock. Mengapa demikian? Karena apabila membangun rumah sendiri dari awal maka akan diperlukan lebih banyak biaya, waktu, dan tenaga.

Terkadang, apabila kita membeli rumah di area perumahan, umumnya bentuk bangunan cenderung sama dan hal ini suka membuat kita memiliki keinginan untuk merenovasinya. Di samping karena setiap orang memiliki selera serta kebutuhan ruangan yang berbeda – beda. Selain itu juga, renovasi dapat dilakukan ketika pemilik rumah merasa bosan dengan tampilan rumah setelah ditempati bertahun – tahun, apalagi menjelang pergantian tahun. Renovasi rumah menjadi salah satu alternatif untuk merubah suasana rumah menjadi lebih berwarna dengan nuansa yang baru.

Apabila berbicara mengenai hunian, maka rumah yang berada di sebuah cluster akan menjadi salah satu opsi bagi para pencari rumah. Sebagai informasi, rumah cluster memang memiliki peraturan yang sedikit berbeda dengan rumah lain. Merenovasi rumah dalam lingkungan cluster tidak boleh asal karena ada beberapa peraturan yang harus dijalankan. Hal ini terkait dengan peraturan pemerintah ataupun peraturan yang ditetapkan oleh lingkungan sekitar ( estate management ) Anda melakukan renovasi. Sebelum kita membahas lebih dalam mengenai renovasi rumah cluster, ada baiknya kita membahas terlebih dahulu apa yang di maksud dengan rumah cluster.

Rumah cluster merupakan jenis perumahan yang dibangun di lingkungan yang sama, dengan bentuk bangunan berdesain yang serupa. Meskipun rumah cluster umumnya mempunyai beberapa pilihan tipe unit yang berbeda desain, namun jumlah unit pada komplek tersebut biasanya terbatas.

Pada umumnya, apabila Anda bertanya, apakah rumah cluster boleh dimodifikasi atau direnovasi ? Jawabannya adalah tergantung pada kebijakan developer. Namun seringnya pihak developer tidak memberikan izin kepada para penghuni untuk melakukan renovasi rumah seraca besar – besaran, terutama apabila kita hendak mengubah fasad rumah. Hunian cluster sengaja dibuat dengan fasad yang seragam agar terlihat lebih ekslusif dan rapi. Maka tidak heran jika hunian cluster dikenal dengan kerapian dan keindahan lingkungan sekitarnya.

Oleh karena itu, sebelum melakukan renovasi rumah ada baiknya mencari tahu terlebih dahulu mengenai peraturan yang ditentukan oleh developer perumahan. Sehingga proses renovasi tidak menyalahi aturan yang telah ditetapkan sebelumnya oleh pihak developer.

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

About Me

Kaliandra Garden Villa adalah perumahan yang dirancang dan dibangun oleh WG Property dengan gaya dan konsep yang terinspirasi oleh villa – villa mewah dan eksklusif. Hunian ini di desain dengan arsitektur yang elegan, nyaman serta memperhatikan detail – detail estetika dan kemewahan.

Recent Posts

Follow Us